RSS

5 komponen input dan teknologi yang digunakan

1.     Keyboard
Keyboard adalah suatu hardware komponen inputan yang digunakan untuk memasukan huruf “alphabet”, memasukan angka “numerical”, symbol-symbol khusus “unik” dan lain sebagainya. Jenis-jenis keyboard berdasarkan teknologinya, yaitu sebagai berikut :

Bluetooth virtual keyboard.
Keyboard ini bisa disebut juga keyboard laser “proyeksi”,  keyboard ini berkerja dengan cara memproyeksikan cahaya laser pada suatu bidang datar membentuk sebuah keyboard untuk melakukan kegiatan komputing, dan cahaya laser “infrared” tersebut melihat gerakan jari-jari pengguna seperti halnya melakukan pengetikan dan gerakan tersebut di rekam oleh proyeksi untuk di inputkan ke dalam komputer.

Safetype keyboard.
Safetype keyboard adalah satu-satunnya teknologi keyboard teraneh masa kini, karena keyboard ini digunakan secara vertikal dalam penggunaannya dan di kedua sisi keyboard ini terdapat cermin untuk melihat dimana jari-jari kita diletakan untuk melakukan suatu kegiatan pengetikan.

Combimouse keyboard.
Teknologi keyboard jenis ini adalah keyboard yang dikombinasikan dengan mouse, jadi keyboard ini telah dirancang untuk disatupadukan dengan mouse yang terpasang pada keyboard ini, tapi sayangnya teknologi keyboard jenis ini belum menjadi produk komersial dipasaran dan rencananya teknplogi keyboard jenis ini akan segera dipasarkan pada masa mendatang.

2.    Mouse
Mouse adalah suatu hardware komponen inputan yang digunakan untuk memasukan data ke dalam komputer dan melakukan sebuah perintah sesuai keinginan pengguna komputer dengan cara “KLIK” tombol kiri, “KLAK” tombol kanan, “Scroll” tombol tengah. Jenis-jenis mouse berdasarkan teknologinya, yaitu sebagai berikut :

Mouse laser.
Mouse laser adalah teknologi inputan mouse yang menggunakan sistem teknologi “infrared” dalam menggulir cursor di dalam sebuah kegiatan komputing.

Mouse bluetooth.
Mouse bluetooth adalah teknologi inputan mouse yang menggunakan sistem teknologi “bluetooth”, dalam penggunaanya mouse ini tidak perlu menggunakan kabel sebagai penghubung antara mouse ke CPU, karena teknologi mouse ini menggunakan “bluetooth” sebagai penghubung antara mouse dan CPU, sebagai sumber energinya mouse ini menggunakan baterai.

Mouse wireless.
Mouse wireless adalah teknologi inputan mouse yang menggunakan sistem teknologi tanpa kabel “nirkabel”, sama halnya dengan teknologi mouse bluetooth namun teknologi mouse wireless jangkauannya lebih luas. 

3.    Scanner
Scanner adalah suatu perangkat komputer yang digunakan untuk menginputkan data dengan cara melakukan pemindaian “scan” pada suatu object gambar atau document ke dalam komputer dalam bentuk file. Jenis-jenis scanner berdasarkan teknologinya, yaitu sebagai berikut :

Hand-held scanner.
Hand-held scanner adalah scanner yang digunukan untuk memindai “scan” suatu barang, benda, atau object yang hanya menggunakan tangan untuk melakukan suatu pemindaian, teknologi scanner jenis ini biasanya digunakan dalam supermarket untuk memindai suatu produk untuk menginputkan spesifikasi harga produk tersebut kedalam komputer.

Plated bed scanner.
Plated bed scanner adalah scanner yang digunakan untuk memindai “scan” suatu gambar atau document dengan cara meletakan object tersebut di lensa dan cover mesin scanner tersebut, biasanya teknologi scanner jenis ini banyak digunakan di perkantoran dan tempat perfotokopian. 

4.    Webcam
Webcam adalah suatu hardware komponen inputan komputer yang digunakan untuk memasukan gambar ke dalam komputer oleh camera webcam dengan cara memotret, merekam, menangkap dan menampilkan  gambar secara real time. Jenis-jenis webcam berdasarkan teknologinya, yaitu sebagai berikut :

Webcam prolink.
Webcam prolink adalah teknologi webcam yang bisa terpasang secara kabel maupun nirkabel sesuai keinginan dan accesories webcam tersebut.

Webcam vimicro.
Webcam vimicro adalah teknonogi webcam yang telah terpasang pada driver jenis laptop tertentu,  bila menghapus program ini memungkinkan program webcam ini tidak akan berkerja lagi sebagai mana mestinya.

Webcam logitech.
Webcam logitech adalah webcam yang memungkinkan pengguna untuk saling melakukan video call secara online.

5.    Joystick
Joystick adalah suatu komponen inputan komputer yang digunakan untuk bermain console video game pada sebuah komputer. Jenis-jenis joystick berdasarkan teknologinya, yaitu sebagai berikut :

PC joypad.
PC joypad adalah suatu console yang bentuknya mudah di gengam dengan kedua tangan, biasanya teknologi jenis ini populer digunakan untuk bermain video game.

Joystick logitech attack 3.
Joystick logitech attack 3 adalah suatu console game yang bentuknya lonjong dan sangat nyaman untuk bermain video game type “air force”.

Joystick PC racing.
Joystick PC racing adalah suatu konsole game yang bentuknya seperti steering vehicle cars yang di gunakan untuk bermain video game type “racing”.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comments:

Unknown said...

iya sama sama gan,,, blog migrasi ke materi-it.blogspot.com hehe

Post a Comment