RSS

Jaringan Komputer

Pada pembahasan kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang Jaringan Komputer yang biasa disebut “Jaringan”. Pada umumnya Jaringan merupakan suatu hubungan dua buah perangkat komputer atau lebih yang bertujuan untuk berbagi bebagai macam data dan keperluan yang dibutuhkan sesuai keinginan user.
Jaringan komputer memiliki berbagai macam penggunaan yaitu kita bisa berbagi kebutuhan hardware seperti contoh berikut “dalam usaha warnet untuk menyediakan fasilitas printer, pemilik warnet tersebut tidak perlu menyediakan printer satu per satu dalam setiap komputer client nya, namun hanya menyediakan printer hanya di server.
Jaringan Komputer dapat di gunakan dalam berbagi data dalam penggunaan komputer yang memungkinkan kita dapat menggunakan satu software yang di pasang di server dapat di gunakan oleh setiap komputer client nya.
Jaringan komputer yang memungkinkan kita dapat berkomunikasi secara cepat dalam jarak yang berjauhan seperti pengiriman E-mail, chatting, dan menggunakan teknologi telekomunikasi, kita pun dapat secara cepat mengakses informasi yang dibutuhkan secara mudah dan cepat menggunakan teknologi internet.
Klasifikasi Jaringan
Jaringan komputer bisa dibagi menjadi 3 jenis, yaitu LAN, MAN dan WAN.
Local Area Network
LAN merupakan suatu jaringan perangkat komputer yang hanya mencakup satu ruangan "room", satu gedung "building" dan beberapa gedung yang berdekatan "another building". Menurut type nya, LAN dapat berupa Client atau Server dan bisa juga dikatakan peer-to-peer dalam mencakup area jaringannya.
Metropolitan Area Network
MAN merupakan suatu jaringan mencakup satu kota atau jarak sekitar 10-45 KM.
Wide Area Network
WAN merupakan suatu jaringan yang mencakup antarkota, antarprovinsi, antarnegara dan antarbenua. WAN itu mencakup seluruh jaringan yang ada di dunia ini, contohnya teknologi internet.
Topologi Jaringan
Topologi jaringan susunan komputer secara fisik dalam suatu jaringan, berbagai macam topologi jaringan yaitu bintang, cincin, bus, pohon, lengkap dan tak beraturan.
Topologi Bintang
Topologi ini hanya terdapat satu pengontrol saja yang berada di pusat, kelebihan topologi ini mudahnya mengetahui penyebab kegagalan dalam suatu perangkat komputer dan kegagalan pada satu komputer yang bukan pusat jaringan, tidak berpengaruh pada komputer lainnya, kekungannya bila terjadi kegagalan pada pusat komputer akan menyebabkan kegagalan pada keseluruhan jaringan komputer dan jika pusat pengontrol tersebut berupa HUB akan menyebabkan kecepatan transmisi yang sangat lambat di sarankan memakai Switch dalam pengontrol pusat jaringan tersebut agar memaksimalkan kecepatan proses transmisi jaringan komputer.
Topologi Cincin
Topologi cincin ini mirip dengan topologi BUS dan berbeda dari topologi bintang, topologi jaringan ini menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainya berbentuk pola circle atau perputaran. Kelemahan topologi ini, jika ada satu saja simpul yang mengalami kegagalan maka semua hubungan akan terputus.
Topologi BUS
Topologi bus ini merupakan suatu simpul yang terhubung dan menghubungkan yang dihubungkan pada kabel utama. Kabel yang digunakan pada topologi BUS yaitu kabel koaksial, kelemahan topologi ini yaitu jika kabel utama BUS putus maka semua komputer tidak bisa berhubungan, jika kabel utama sangat panjang dan terdapat gangguan, penyebab pencarian masalah akan sangat sulit dan jika banyak komputer yang sedang aktif maka yang sedang berbagi data maka kinerja nya akan sangat lambat karena saling bertabrakan data.
Topologi Pohon
Topologi pohon merupkan pengembangan dari topologi bintang, dengan salah satu simpul menjadi pengontrol bagi sejumlah simpul yang berada di bawahnya.
Topologi Lengkap
Topologi lengkap ini memungkinkan seluruh komputer yang terhubung yang menghubungkan seluruh komputer satu per satu dengan komputer lainnya, biasannya topologi jaringan ini menggunakan teknologi jaringan Wireless untuk menerapkan topologi jaaringan ini, karena untuk menerapkan topologi jaringan ini, jaringan terhubung harus terhubung secara kompleks.
Topologi Tak Beraturan
Topologi jaringan tak beraturan ini suatu simpul yang bseperti namanya “Tak Beraturan” yang merupakan jaringan yang terhubung secara acak dari komputer ke komputer yang lainnya, topologi jaringan ini biasanya digunakan di daerah pegunungan dan pebukitan, bila satu jaringan terputus maka kita bisa menghubungkan pada jaringan lainnya yang tersedia.
Interkoneksi Antar Jaringan
Interkoneksi antar jaringan menghubungkan antara dua hubungan atau lebih. Untuk melakukan interkoneksi antar jaringan diperlokan perangkat khusus sebagai berikut.
Repeater
Repeater merupakan perangkat yang biasa digunakan dalam topologi jaringan BUS atau cincin repeater ini berfungsi untuk memulihkan isyarat yang agak cacat dan repeater ini menggabungkan dua kelompok jaringan yang bertopologi sama, salah satu harga dari produk repeater yaitu “TP-LINK MC110CS” yang harganya sekitar Rp. 304.700,.
Bridge
Bridge pada umumnya berfungsi untuk menghubungkan dua buah LAN yang memiliki topologi berbeda, misalnya kita ingn menggabungkan topologi Cincin dan BUS, kelebihan perangkat ini menjadikan hubungan antara jaringan masing-masing tidak saling berpengaruh, berbeda dengan repeater, bridge dapat memisahkan antarjaringan topologi yang berbeda lamun tetap terhubung , salah satu dari harga produk Bridge yaitu “TRENDnet 108 Mbps Access Point Bridge - TEW-450APB”, yang harganya berkisar Rp. 559.000,.
Router
Router merupakan suatu perangkat jaringan yang memungkinkan kita untuk menghubungkan suatu jaringan LAN yang memiliki topologi berbeda dengan cara menghubungkan suatu jaringan komputer pada suatu lokasi tertentu dengan jaringan komputer pada lokasi yang berbeda dan membaginya dari suatu jaringan yang berukuran besar menjadi jaringan yang umumnya lebih kecil "sederhana" agar mudah dikelola oleh pengguna jaringan komputer, harga dari salah satu produk router yaitu “D-Link 3G Router UMTS/HSDPA + 4 Port UTP - DIR-451”, hargannya berkisar Rp. 1.367.000,.
Gateway
Gateway, perangkat ini berfungsi untuk menghubungkan dua buah jaringan yang memeiliki protokol yang sama sekali berbeda, salah satu produk dari gateway yaitu “Airlive Public Internet Access Gateway, 4WAN, 1DMZ, 8LAN, Load Balance, up to 150 Users - IGR-2500”, harganya berkisar Rp. 3.383.000,.
Brouter
Brouter, perangkat ini berfungsi ganda bisa sebagai Bridge maupun Router, harga dari salah satu produk brouter yaitu sebagai berikut “EDIMAX BR-6624, Multi-Hoaming Broadband Router 2 WAN 4 LAN” harganya berkisar Rp. 1.301.300,.
Wireless
Wireless, perangkat ini memunkinkan hubungan jaringan tanpa kabel dan biasanya wireless ini di aplikasikan terhadap topologi lengkap, salah satu produk dari wireless yaitu “3COM Wireless Access Point 108 Mbps Dual Band 11a/b/g POE - 3CRW876075” Harganya berkisar Rp. 2.773.000,.
Enthernet
Enternet, perangkat ini berteknologi rangkaian komputer dalam jaringan yang biasanya banyak digunakan di klasifikasi jaringan komputer LAN dan topologi bintang, BUS dan Circle, salah satu produk dari Enternet ini yaitu “Gigabit Ethernet Media Converter 10/1000M Base RJ45 to1000M Single mode SC Fiber Connector,External AC Adaptor - MC1400”, harganya berkisar Rp. 1.254.000,.
HUB
Perangkat ini fungsinya sama seperti enthernet yaitu menghubungkan jaringan komputer pada tingkat LAN namun bila HUB di terapkan pada topologi bintang ini akan mempelambat transmisi dalam pengiriman dan penerimaan data. Salah satu produk dari HUB yaitu “Linksys Hub 8 Port - SE2800” harganya berkisar Rp. 568.000,.
Switch
Perangkat jaringan ini memungkinkan untuk menghubungkan perangkat komputer melakukan penghubung segmentasi dengan berbagai jaringan yang terhubung, switch ini sangat cocok untuk di terapkan terhadap topologi bintang di bandingkan dengan HUB salah satu produk dari switch yaitu “TP - Link Switch 24 Port Gigabit 10/100/1000 RackMount - TL-SG1024” harganya berkisar Rp. 821.000,.
Demikianlah pembahasan saya tentang Jaringan Komputer referensi dari buku “Pengenalan Teknologi InformasiAbdul Kadir.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment