RSS

Operating System Garuda


Saat pertama mendengar nama System Operasi ini, sungguh sangat-sangat terdengar asing bagi saya, dalam benak hati saya berkata “apa beneran ada ni O.S Garuda Made in indonesia? Apa bener indonesia bisa membuat System Operasi lokal?” pada kenyataannya setelah saya ber-explorasi di internet ternyata memang beneran ada! dan ini adalah situs resminya O.S Garuda www.garudaone.com , pada hari Kebangkitan Nasional 2011, indonesia mulai bangkit dari keterpurukan dalam semua bidang teknologi informatika yang banyak dikuasai pihak asing. Biasanya dalam menyangkut masalah tersebut, indonesia tidak terlepas dari penggunaan semua komponen teknologi informatika salah satunya system operasi itu sendiri yang menggunakan produk-produk BAJAKAN. Maka dari itu indonesia harus bangkit dan mandiri dalam menghadapi problema masalah teknologi informatika di tanah air tercinta ini. O.S Garuda telah menjawab masalah tersebut, dan sedikit mengobati akan kerinduan terhadap produk lokal asli buatan Indonesia, walaupun tidak benar-benar asli buatan Indonesia karena pembuatan O.S ini merupakan modifikasi dari O.S Linux yang memiliki sifat “Open Source”, ya setidaknya saya bangga dengan Indonesia, karena negri sudah mulai bangkit dan mandiri dalam bidang teknologi informatika.
 Sistem Operasi garuda merupakan modifikasi dari Sistem Operasi Linux dan lebih tepatnya Sistem Operasi ini dinamakan “Linux Garuda” seperti kita ketahui dalam pembahasan sebelumnya, System Operasi Linux memiliki sifat yang namanya “Open Source” dari arti bahasanya sendiri, Open > Terbuka dan Source > Sumber Informasi. Jadi, menurut pemahaman saya Open Source merupakan Suatu program pengembangan yang tidak ditetapkan oleh seseorang atau lembaga pusat yang mengatur suatu program system yang dibuatnya agar memiliki sifat sumber informasi terbuka yang siapa saja dapat memodifikasinya dan menghasilkan program-program baru atau menghasilkan modifikasi baru dari suatu System Operasi yang lebih baik sesuai dengan keinginan User yang memodifikasinya, contoh lain selain modifikasi dari System Operasi GARUDA, ya System Operasi Android yang saat ini populer di kalangan System Operasi mobile smartphone, yang dengar-dengar telah mengalahkan teknologi dari System Operasi Symbian, Windows Mobile, Blackberry “Java”. Jadi dengan pola teknologi “Open Source” ini yang tertanam di System Operasi Linux, suatu individu atau komunitas dapat bebas berkarya dalam menghasilkan suatu rancangan atau modifikasi program baru dari suatu System Operasi, salah satunya System Operasi GARUDA.

Ini merupakan spesifikasi dari System Operasi GARUDA :
Version : GARUDA 1.1.5
Relase Date : 20 Mei 2011
User : Newbie and Profesional
Size : 3,6 GB
GARUDA merupakan System Operasi Bersertifikasi Legal, Berbasis Open Source dan Modifikasi dari Pengembangan Lokal, System Operasi ini dapat di peroleh secara cuma-cuma alias “Gratis”. Jadi, kita tidak perlu repot-repot dan mengeluarkan biaya tambahan untuk mendapatkan license dari System Operasi GARUDA ini, karena System Operasi Lokal ini bisa didapatkan secara “Full Version” tanpa harus membeli license nya, namun tetap mengutamakan kualitasnya. Hebat bukan? Okey tunggu apa lagi? Silahkan download System Operasi GARUDA di Website berikut ini disini ayo tunjukan rasa nasionalisme teman-teman sekalian dengan menggunakan System Operasi GARUDA ini. “GO LEGAL, GO LOCAL, GO LIBERTY”.
Saya ingin menyampaikan suatu hal penting tentang kemajuan teknologi di Indonesia negri tercinta ini, terutama di bidang teknologi informatika, saya berharap teman-teman semuanya sebagai generasi muda, genenasi penerus bangsa bisa terus berkembang, berkarya dan berinovasi dalam bidang teknologi informatika dan mencintai karya anak bangsa yang bisa menghasilkan produk Lokal Indonesia yang berkualitas tinggi tingkat Internasional.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment