RSS

Teknologi Internet

Pada zaman di mana masa globalisasi saat ini sedang maraknya penggunaan teknologi internet yang cukup memberikan dampak positif namun ada juga dampak negatifnya dalam kehidupan kita, saat ini kita tau bahwa dari kalangan anak-anak, remaja, bahkan orang tua gemar untuk mengakses yang namanya jaringan internet, apalagi sekarang ini sedang ramai-ramainya kalangan anak remaja menggunakan teknologi jaringan internet untuk mengakses berbagai situs “Social Networking” seperti facebook, tweeter, friendster, Myspace dan masih banyak lagi. Yang pasti penggunaan teknologi jaringan internet ini memiliki kelebihan dan kekurangan seperti apa yang saya sebutkan tadi.
Okey tanpa basa basi lagi, saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang 10 layanan tersedia di internet yang sangat populer saat ini, yaitu sebagai berikut :
Google Search
                
Saya yakin teman-teman sekalian pasti telah mengetahui tentang situs pencarian terbesar di dunia yaitu “Google” salah satu search engine terbesar ini telah dikenal sangat cepat dan akurat dalam melakukan pencarian informasi yang kita butuhkan saat ini. Kelebihan dari layanan search engine ini ya itu tadi, mudahnya melakukan pencarian berbagai macam informasi yang kita butuhkan namun memiliki kekurangan yaitu begitu mudahnya pencarian berbagai macam informasi, anak-anak generasi saat ini dengan mudahnya juga mengakses berbagai macam situs pornografi yaitu situs yang belum pantas untuk seumuran mereka dan hal tersebut akan merusak pola pikir mereka dalam masa-masa pertumbuhannya.
Yahoo Mail

Mendengar “Yahoo” pasti terdengar sangat familiar tentang salah satu situs terbesar di dunia ini, situs ini menyediakan layanan E-mail yang sangat populer, selain itu yahoo juga telah menyediakan berbagai macam layanan yang sangat bermanfaat yaitu yahoo news, yahoo search, yahoo answer, koprol, YM dan masih banyak lagi. Kekurangannya yaitu situs ini dapat digunakan sebagai sarana penipuan melalui layanan E-mail nya, bila dimisalkan seorang business man yang memiliki banyak relasi pada suatu saat E-mail bussiness man ini telah dihack oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan akun E-mail tersebut digunakan untuk menipu rekan-rekan si business man tersebut dan meminta rekannya untuk menstransfer sejumlah uang ke salah satu rekening tertentu dan terjadilah tindakan penipuan.
Social Networking Facebook

Seperti saya bahas pada pembahasan awal tadi “Social Networking” yang sangat digemari pada usia kalangan remaja “ABG” saat ini, salah satu contohnya yaitu facebook, situs ini adalah situs yang sangat banyak ratenya sebagai situs yang paling sering dikunjungi banyak orang indonesia dari pada situs-situs yang memberikan informasi penting seperti berita namun ada kalanya facebook ini memiliki kelebihan maupun kekurangannya. Kelebihannya ya itu tadi namanya juga “social networking” yaitu mudahnya kita berkomunakasi dengan orang lain baik dalam bentuk teks, suara, maupun streamming video “webcam” yang akan memperkuat tali silaturahmi antara kerabat dekat, teman lama, sahabat, orang tua, maupun orang yang belum kita kenal sekalipun tanpa mengenal jarak maupun waktu dalam kehidupan keseharian kita dan memiliki kekurangan yaitu banyak kalangan remaja generasi muda saat ini yang menghabiskan banyak waktu di depan komputer, laptop atau gadget sekalipun untuk mengakses internet social networking sampai lupa waktu padahal banyak hal yang bermanfaat yang kita bisa lakukan di internet seperti mengunjungi situs-situs yang menyediakan berbagai macam informasi untuk memperluas wawasan seperti kompas.com, detik.com, kompasiana.com, vivanews.com, wikipedia.com, dan masih banyak lagi. Jadi gunakanlah fasilitas jaringan internet dengan sebaik-baiknya.
Google Translate

Dengan adanya layanan google translate ini, mudahnya kita untuk menerjemahkan berbagai macam bahasa umum pada berbagai bahasa mancanegara yang ada di seluruh dunia, itu lah kelebihan “Google Translate” bila dilihat dari kekuragannya mungkin memberikan dampak kurang populernya software seperti kamus bahasa atau kamus buku yang biasa kita gunakan.
Bisnis Online

Dengan adanya teknologi internet pasti ini juga akan memberikan manfaat para bussines man untuk mempromosikan barang/produk yang ditawarkan atau membeli barang yang dibutuhkan untuk keperluan tertentu, ini adalah sebagian situs yang menyediakan fasilitas bisnis online yaitu bhineka.com, ebay.com, tokobagus.com dan lain sebagainya. Kekuranganya yaitu pasti tidak menutup kemungkinan terjadinya tindakan penipuan yang terjadi, seperti contoh kita memesan suatu barang dan kita telah menstranfer uang tersebut untuk membeli suatu barang yang ditawarkan namun setelah ditunggu beberapa hari barang yang kita pesan belum kunjung datang, inilah salah satu contoh kecil dari penipuan bisnis online.
Credit Card Paypal

Paypal adalah suatu kartu kredit online yang digunakan untuk membeli suatu barang yang ditawarkan di internet atau menerima bayaran dari apa yang kita jual atau mempromosikan suatu situs bisnis online dan itulah kelebihannya, mungkin kekurangannya bila akun paypal terkena hack oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab dan uang yang ada di dalam akun tersebut telah di transfer habis ke akun yang lainnya.
Blogger

Google telah memanjakan kita dan memberikan kemudahan untuk kita berkreasi, berinovasi dan menulis sebuah artikel di internet untuk di share kepada dunia tanpa harus membuat website sendiri yang menggunakan pemmrograman website yang harus kita pelajari secara mendalam. Google telah memberikan kemudahan dengan menyediakan layanan blogger, bila di lihat dari kelemahannya mungkin tingkat plagiatisme akan meningkat secara drastis tergantung dari diri sendiri.
Kaskus

Bila kita ingin melakukan diskusi tentang suatu permasalahan mungkin kaskus lah jawabannya, kaskus ini merupakan salah satu komunitas terbesar di indonesia yang sangat populer saat ini, kaskus ini menyediakan forum diskusi berbagai macam topik, share tread/artikel, jual/beli dan lain sebagainya. Kekurangannya mungkin akan memprovokasi suatu permasalahan menjadi tingkat anarkis tapi itu tergantung dari diri sendiri.
File Sharing

 Mungkin dulu kita kesulitan untuk mencari suatu file lagu, video, image, game, dokumen, aplikasi, film dan berbagai macam file lainnya. Setelah adanya teknologi jaringan internet pasti sangat mudah bukan? Mencari file yang kita butuhkan? Dan ini adalah sebagian situs file sharing yang sangat beragam di internet yaitu mediafire.com, plunder.com, ziddu.com, 4shared.com, index-of-mp3.com, youtube.com dan lain sebagainya. Mungkin dari segi kelemahannya suatu file asli dari suatu karya yang original mungkin akan populer namun tingkat pejualannya akan menurun karena semua telah tersedia di internet.
Online Game

Dan inilah yang terakhir “Online Game” yang saya sangat gemari^^, dulu kita hanya bisa bermain game dengan para teman-teman dan sahabat terdekat saja, namun kini dengan adanya teknologi internet kita dapat bermain game bersama teman-teman yang ada di seluruh dunia ini! Hebat bukan? Dan itu lah salah satu alasan saya sangat menyukai dengan yang namanya “Game Online” berikut ini merupakan sebagian kecil dari sekian banyak game online di dunia internet yaitu seal online, luna online, gunbound, point blank, perfect world, RF, tibiame, ninjasaga, mafiawars, zynga poker, farmville dan masih banyak lagi. Dengan adanya online game kita bisa berkompetisi dan menjadi yang terbaik dari yang terbaik dalam suatu permainan games namun kita juga bisa sekaligus melakukan chating kepada teman terdekat kita maupun teman yang ada di dunia maya tentunya, kita pun dapat melihat hal-hal unik dan menarik yang teradang membuat kita menjadi fun dan bisa membuat kita tertawa sendiri melihat tingkah laku teman kita yang ada di suatu game tersebut dan menjadi bahan pembicaraan hangat untuk di bicarakan bersama-sama dan tidak akan pernah bosan untuk membicarakannya sekaligus mengikat tali silaturahmi persahabatan yang sangat kuat di antara para Gammers, mungkin perasaan seperti ini hanya di rasakan oleh para Gammers yang sangat sulit untuk dijelaskan^^, maka dari itu online game bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghibur diri kita sendiri^^. Namun sayangnya online game ini memiliki dampak negatif yang bisa lansung kita rasakan yaitu kecanduan secara akut, proses kecanduan ini terjadi bila seseorang telah menanamkan mindsetnya terhadap suatu games yaitu “Ingin Menjadi yang Terbaik dari yang Terbaik dengan Segala Cara Tanpa Memperdulikan Apapun” dan satu lagi, seseorng bisa di katakan kecanduan bila di tanya tentang pertanyaan “Apakah Hidup Anda Tidak Terganggu dan Terkesan Biasa Saja Setelah Berjam-jam Bermain Online Games?” dan seorang gammers menjawab “Ya Hidup Saya Biasa Saja Tidak Ada yang Terganggu Sedikitpun dan Tidak Ada yang Salah dari Diri Saya” Nah, bila seseorang bekata demikian maka orang tersebut bisa di katakan “Kecanduan” dan kecanduan ini dapat menyebabkan dampak negatif yaitu seseorang gammers jarang berkomunikasi dengan dunia sosial nyata, kurang percaya diri, lupa akan diri sendiri, lupa makan, tidur tidak teratur, rela membuang- buang waktunya yang berharga, kurang konsentasi, rela membuang banyak uang untuk membeli barang yang hanya terkesan “Virtual” tidak nyata, prestasi belajar menurun dan masih banyak lagi. pesan saya kepada para gammers “Disconnect Device to Your Computer and Games, Turn off Your Computer and Connect to Your Family, Your Relatives and Your Close Friends in Real Life, They Certainly Need More and More Love You” dan jadilah gammers yang baik dan bisa mengimbangi antara dunia maya dan dunia nyata^^.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment