RSS

Microsoft Word

     Selama ini yang kita semua ketahui, Microsoft Word merupakan alat bantu untuk pembuatan dokumen berupa laporan atau makalah file nya ber extention document ".doc", Namun terkadang kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam  Microsoft Word, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu kita mempercepat kinerja dalam pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali berbagai fasilitas sistem yang ada di dalam MS WORD.

        1. Jenis huruf
Agar dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan dipergunakan, "Menu Home+ Font".


         2. Pembuatan Numbering
Dalam pembuatan suatu dokumen tertuju kepada peraturan tertentu dalam pembuatan dokumen "Misalnya Bab I Pendahuluan lalu Bab II Tinjauan Pustaka". Oleh karena itu, harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu dokumen, agar lebih terstruktur.


         3. Pembuatan Outline
Kita bisa membuat suatu dokumen Outline, "Menu View + Document Views + Outline". Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat poin terpenting yang akan kita kerjakan dalam pembuatan suatu dokumen.


         4. Pemakaian Break Section
Biasanya dalam suatu dokumen terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap  selection "Misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis (i, ii, iii, ...) Bab I dan seterusnya diberi nomor jenis (1, 2, 3, ...)" Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. "Menu Page Layout + Break + Next Page".


        5. Penomoran Halaman
Seperti yang telah disebut pada poin 4, Maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki "Menu insert + Page Number + Format Page Number + Page numbering + start at ... kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page" khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit "Menu insert + header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first page".


       6. Pembuatan Tabel
Dalam pembuatan tabel sangat sederhana yaitu dengan memilih pilihan yang berada Insert        "Menu Insert + Tabel + Insert Tabel" lalu pilih baris dan kolom yang di inginkan.


         7. Pembuatan daftar Isi
Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih "References + table of contents". Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update.


Itulah sebagian sistem dari fungsi fasilitas Microsoft Word yang biasa kita gunakan sehari hari untuk membantu pekerjaan kita, sebenarnya masih banyak sekali fasilitas Microsoft Word yang kita bisa manfaatkan asalkan kita mau untuk terus belajar dan belajar pasti kita akan bisa sepenuhnya menguasai suatu hal dengan sangat baik, sekian dulu penjelasan kali ini untuk selebihnya mohon maaf bila masih banyak kekurangan, salam semangat^^. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment