RSS

Quiz 1 Take Home Test

I. Teknologi Input/Output
  • DVORAK adalah tatanan letak sebuah susunan huruf, angka dan symbol pada papan ketik “Keyboard” yang dipublikasikan dan diperkenalkan oleh seorang profesor dan psikolog pendidikan universitas washington yaitu August Dvorak bersama rekannya William Dealey pada tahun 1936.
  • QWERTY adalah tatanan letak sebuah susunan huruf, angka dan symbol pada papan ketik “Keyboard” yang diperkenalkan oleh  E. Remington pada mesin tik buatannya pada tahun 1874, dinamakan QWERTY karena susunan huruf tersebut terlihat pada susunan huruf paling atas yaitu Q, W, E, R, T, Y dan teknologi Keyboard QWERTY ini adalah teknologi Keyboard yang paling populer karena banyak digunakan pada Keyboard komputer masa kini.
  • OCR adalah “Optical Character recognition” yang berfungsi untuk memindai “scan” suatu materi teks untuk di inputkan ke dalam komputer dalam bentuk file teks yang lebih sederhana, teknologi “Scanner” OCR ini pertama kali diperkenalkan oleh gustav tauschek di jerman pada tahun 1929.
  • DMR adalah “Digital Mark Reader” sebuah software yang berfungsi untuk memindai “scan” LJK, atau scanner “LJK” lembar jawaban komputer yang digunakan untuk memeriksa jawaban hasil ujian dari jawaban peserta ujian yang biasanya ujian tersebut diselenggarakan oleh suatu lembaga atau perusahaan.
  • OpScan adalah sebuah hardware scanner yang digunakan untuk memindai LJK.
  • OMR adalah “Optical Mark Recognition” sebuah software yang menggunakan pantulan cahaya dalam memproses sebuah data menggunakan pemindaian “scanner”.
  • MICR adalah “Magnetic Ink Character Recognition” teknologi pengenalan karakter huruf dan angka pada komputer untuk membaca informasi pada sebuah kode dokumen cetak yang kemudian diterjemahkan untuk mempermudah terbacanya suatu data oleh pengguna “User”.
  • RFID adalah “Radio Frequency Identification” suatu label atau kartu RFID terdiri dari microchip atau antena yang berfungsi untuk mengindentifikasi suatu produk, benda, bahkan mahluk hidup, menggunakan pancaran frekuensi gelombang sinyal radio.
  • ASR adalah “Automatic Speech Recognition” adalah suatu pengembangan teknologi yang diciptakan untuk mengenalkan komputer pada kata yang diucapkan oleh lisan dengan cara pengucapan digitalisasi, suara tersebut akan manjadi gelombang suara akan terima oleh komputer menjadi sebuah angka tertentu menampilkan sebuah tulisan dalam bentuk perintah tertentu kepada perangkat lain untuk melakukan “Action” pada perintah yang di tampilkan.
  • CCD adalah “Charge Coupled Device” sebuah teknologi sensor yang digunakan untuk merekam suatu gambar yang terdiri dari sirkuit terintegrasi berisi muatan listrik yang saling berhubungan atau berpasangaan “Kondensator”, salah satu teknologinya adalah fotografi dalam bentuk camera digital.
  • CGA adalah “Color Graphics Adapter” kartu grafik pertama yang dipulikasikan oleh perusahaan IBM pada tahun 1981, kartu grafik ini di jadikan standard tampilan komputer pertama yaitu “IBM PC”, di lengkapi memori video dengan kapasitas 16kb, dan kartu grafik ini memiliki beberapa mode teks dan grafik dengan tingkat ketelitian mencapai 640x200 pixel.
  • EGA adalah “Enhanced Graphics Adapter” kartu grafik generasi selanjutnya dari kartu grafik CGA, kartu grafik ini memiliki ketelitian mencapai 640x350 pixel, memiliki 16 warna dari 64 warna dalam bentuk teks dan grafik.
  • VGA adalah “Video Graphics Adapter” suatu sinyal digital yang di transformasikan ke dalam komputer menjadi tampilan grafik pada layar monitor, kartu grafik ini memiliki resolusi tingkat ketelitian  mencapai 640x480 pixel, memiliki 16 warna dari 262,144 warna dengan aspect ratio 4:3. Kartu grafik VGA ini masih banyak digunakan pada grafis komputer di masa kini.
  • XGA adalah “Extended Graphics Array” tingkat resolusi mencapai 1024x768 pixel memiliki 16,7 juta warna dengan aspect ratio 4:3.
  • SXGA adalah “Super Extended Graphic Array” tingkat resolusi mencapai 1280x1024 memiliki 16,7 juta warna dengan aspect ratio 5:4.
  • UXGA adalah “Ultra Extended Graphics Array” tingkat resolusi mencapai 1600x1200 memiliki 16,7 juta warna, biasanya UXGA terdapat pada perangkat komputer tingkat High End, karena layarnya cukup besar sekitar 17 inci dan sangat bagus untuk tampilannya yang cukup besar dan sangat leluasa untuk editor foto ukuran besar.
  • Omnidirectional adalah antena yang dapat memacarkan sinyal gelombang radio ke segala arah dengan pusat yang berhimpit bisa dianalogikan pancaran gelombangnya seperti kue “donat” karena antena type ini mempunyai pola radiasi 360°, antena omnidirectional biasanya digunakan untuk antena penyiaran radio, radio FM, ponsel, walkie-talkie, wireless, dan GPS.
  • Unidirectional adalah antena yang dapat memancarkan sinyal gelombang radio secara terarah maka dari itu gelombang yang di pancarkan antena type ini relative cukup jauh.
  • Noise Canceling adalah teknologi yang dimiliki headphone untuk mengurangi tingkat kebisingan dari luar, agar audio yang dihasilkan dari headphone tersebut berkualitas tinggi, atau teknologi ini bisa dikatakan sebagai teknologi peredam suara.
  • Echo Canceling adalah sebuah perangkat yang merupakan sistem utama dari “Tail Link” sebagai penghubung antara salah satu pusat komunikasi di bumi dengan pusat komunikasi diluar bumi “satelit” bertujuan untuk menjaga kualitas komunikasi yang akurat dan tidak banyak terjadinya “menggema” dalam berkomunikasi.
  • THX adalah teknologi terkini tentang efek audio video multimedia yang dapat membuat suara movie, music, news dan games. Efek surround pada suara tersebut dapat membuat suatu atmosfer audio yang lebih mendramatisir.
  • DDS adalah “Direct Digital Synthesizer” jenis frekuensi yang digunakan untuk membuat bentuk gelombang suara synthesizer agar menghasilkan efek suara surround yang menakjubkan.
  • Dts adalah “Digital Theater system” suatu audio yang memiliki sistem surround yang biasa digunakan dalam pebuatan film theater, di dalam sistem audio DTS disebutkan semakin kecil ratio kompresasinya maka semakin natural suara yang dihasilkan.
  • Pasive Matrix adalah Suatu teknologi monitor yang diterapkan oleh LCD color, dimana monitor harus dilihat secara tegak lurus, karena bila monitor jika dilihat dari arah samping maka tulisan yang ditampilkan monitor ini akan tidak terlihat jelas, dan teknolodi Pasive Matrix adalah teknologi monitor yang mempunyai konsep memberikan energi pada pixel merupakan pertemuan dari pancaran energi transistor dari sumbu X ke sumbu Y.
  • Active Matrix adalah suatu teknologi monitor yang memiliki teknologi TFT, dimana teknologi monitor ini dapat dilihat dari segala arah karena monitor ini dapat memancarkan cahaya sendiri disetiap pixel nya, menggunakan banyak transistor dan warnanya pun lebih cerah.
  • Dot Matrik adalah teknologi printer sederhana yang menggunakan pin “titik” dan mengetuknya secara berulang-ulang menggunakan pita untuk menghasilkan cetakan, walaupun hasil akhirnya yang kurang sempurna dan hanya memiliki satu warna yaitu warna “Hitam”.
  • Bubble Jet adalah modifikasi dari printer Ink Jet, teknologi printer ini mengunakan tinta dalam melakukan sebuah pencetakan, namun printer Bubble jet ini memiliki cara yang berbeda dalam pencetakannya yaitu dengan cara memanaskan tinta lalu membuatnya seperti gelembung kecil dan dituangkanlah tinta tersebut kepada kertas pencetak untuk menghasilkan sebuah cetakan.
  • Desk Jet adalah teknologi printer tinta masa kini yang dapat meminimalisir 50% biaya pencetakan karena printer ini menggunakan tinta kartrid berkapasitas tinggi.
  • Impact adalah teknologi printer yang menggunakan tinta yang ramah lingkungan karena tidak banyak mengandalkan bahan kimia dalam pembuatan tintanya dan dapat di daur ulang, teknologi printer Impact ini adalah teknologi printer yang peduli akan lingkungan dan dapat berkomitmen untuk keadaan lingkungan dimasa depan.
  • Ink Jet adalah teknologi printer tinta yang berkerja dengan cara menyemprotkan tinta dikertas untuk menghasilkan cetakan maksimal, hasil akhir cetakan dari teknologi printer ini cukup baik dibandingkan dengan teknologi printer Dot Matrik.
  • Laser adalah teknologi printer modern yang berkerja dengan cara menyemprotkan serbuk tinta kepada kertas cetakan dibantu dengan pancahayaan laser, hasil cetakan yang dihasilkan dari printer laser ini adalah hasil yang paling baik dibandingkan dengan teknologi printer sebelumnya.
  • LCD adalah “Liquid Crystal Display” teknologi monitor generasi modern yang memiliki bentuk slim dan flat dengan resolusi warna yang cukup tinggi dan teknologi monitor ini berfungsi untuk mengoutputkan semua tampilan gambar komputer yang terdiri dari gambar, huruf, angka dan simbol-simbol tertentu.
  • EL adalah “Electro Luminescent” teknologi monitor yang mengandung bahan bercahaya jika terdapat arus listrik dan pixsel akan terbentuk pada layar monitor jika arus listrik tersebut di alirkan kepada sumbu X dan Y.
  • Plasma adalah teknologi monitor yang menampilkan gambar berwarna dengan menggunakan teknologi plasma menggunakan kombinasi fosfor merah, hijau, dan biru.
  • CRT adalah “Cathode Ray Tube” teknologi monitor yang menggunakan tabung gambar dengan tingkatan resolusi yang lebih rendah daripada LCD.
II. Teknologi Processor
  • SSE adalah “Streaming SIMD Extension” teknologi processor yang merupakan penyempurnaan dari teknologi MMX maka dari itu SSE bisa disebut sebagai MMX-2 saat intel merilis processor pentium III, teknologi processor ini mendukung floating point 32 bit dan memperkenalkan 70 instruksi baru untuk pemerosesan grafik dan suara.
  • SSE2 adalah teknologi processor intel pentium IV yang terdiri atas 144 instruksi baru yang memiliki keunggulan pencapaian resolusi dan grafis yang cukup tinggi, meningkatkan kinerja akurasi dan respon yang lebih cepat, berkualites tinggi untuk menjalankan berbagai macam software multimedia.
  • SSE3 adalah teknologi processor intel pentium IV prescott yang menambahkan 13 instruksi SIMD baru yang digunakan untuk membantu kinerja pemerosesan matematika kompeks, grafik, pengkodean video dan sinkronisasi tread.
  • 3DNow! adalah teknologi processor AMD yang berfungsi untuk meningkatkan, memperbaiki, dan menyempurnakan segala aspek yang berhubungan dengan teknologi multimedia.
  • Nxbit adalah teknologi processor yang digunakan untuk memisahkan sebagian area memori untuk tempat penyimpanan lain, teknik penyimpanan ini bisa disebut “executable space protection” Dengan adanya teknologi Nxbit, aktivitas malware dapat dicegah dan diantisipasi karena malware biasanya menyisipkan kode ke program diarea penyimpanan data, kemudian running dengan sendirinya ke tempat penimpanan data.
  • PowerNow! adalah teknologi processor yang AMD yang bertujuan untuk mengurangai kecepatan kinerja prosesor untuk menghemat energi “Power”, teknologi ini biasanya digunakan untuk pada prosesor mobile laptop. Cara kerja teknologi ini yaitu pada saat prosesor loading, secara otomatis Vcore dan clock speed menurun, yang akan mengurangi konsumsi energy sehingga dapat menghemat penggunaan listrik dalam batrai, dan perangkat mobile laptop dapat bertahan lebih lama dalam pengoprasiannya.
  • Cool’n’quiet adalah teknologi processor yang bertujuan untuk mengatasi meningkatnya kinerja processor yang rentan akan kebisingan, teknologi ini memungkinkan pengunaan power yang efektif dan efesien dengan sistem yang lebih hening saat menggunakan kinerjanya.
  • Hyper Thereading adalah Teknologi processor yang menggunakan lebih dari satu jalur thread didalam sebuah procesor, sehingga mempercepat pemprosesan data, karena tenologi processor ini seakan akan menggunakan dan dikerjakan lebih dari satu processor.
  • Dual core adalah teknologi processor yang terdiri dari dua processor yang terdapat dalam satu chip dengan kecepatan clock speed yang sama dari processor CPU biasa, namun kinerja processor dalam proses penghitungan dibagi menjadi dua inti, bertujuan untuk meningkatkan kinerja processor itu sendiri.
  • Speed Step adalah sebuah teknologi processor yang dapat merubah clock speed prosesor menjadi lebih rendah dibandingkan clock speed aslinya. Pengubahan besarnya clock speed bisa dilakukan dengan menggunakan software.
  • Hyper Transport adalah teknologi processor sistem BUS pada suatu jalur komputer, data yang dapat diberikan dalam satu waktu lebih banyak karena data yang diberikan yang lebih cepat dan akurat.
  • MMX adalah teknologi processor yang merupakan perluasan dari instruksi microprocessor yang ikut membantu dalam perhitungan dibeberapa aplikasi.
III. Teknologi Type BUS Pada PC
  • ISA adalah teknologi penghubung BUS antara perangkat komputer dengan modem dan sound card namun keberadaannya mulai ditinggalkan karena teknologi penghubung PCI lebih baik dibandingkan dengan ISA karena PCI lebih unggul dari segi kecepatan, maka dari itu teknologi penghubung PCI telah umum digunakan pada PC masa kini.
  • EISA adalah “Extended Industry Standard Architecture” sebuah arsitektur standard komputer untuk sistem operasi 32bit yang dikembangkan oleh berbagai banyak perusahaan yaitu Compaq, AST, Zenith dan Tandy.
  • VL-BUS adalah “Vesa Local BUS” suatu jalur yang dibuat yang bertujuan untuk menyuaikan kecepatan microprocessor yang terdapat didalam komputer.
  • PCI adalah “Pheriperal Component Interconnect” suatu teknologi penghubung antara komputer dan hardware pheperal, memiliki kecepatan dan bandwitd yang cukup tinggi.
  • AGP adalah “Accelerated Graphics Port” salah satu teknologi penghububung yang merupakan suatu pendukung software dan kartu grafis pada perngkat komputer.
  • Fire Wire adalah standard kabel data interface berseri IEEE 1394, Fire wire merk dagang appel yang memiliki teknologi pengiriman data sangat cepat yaitu bisa mengirimkan rata rata 400 megabit per detik “Mbps”.
  • USB adalah “Universal Serial Bus” teknologi standard dari suatu perangkat pengiriman data via kabel.
  • PCI Express adalah slot expantion module yang memiliki kecepatan pengolahan data, terutama pada bidang teknologi “Grapich Design”.
IV. Teknologi Komputer
  • Komputasi Awan adalah suatu layanan komputer yang merupakan perpaduan antara komputer dan internet berupa suatu kegiatan komputer yang dilakukan pada server, layanan ini diberikan oleh “provider” sebagai penyedia layanan kepada para pengguna internet “user”.
  • Komputer hijau adalah suatu teknologi PC rakitan yang ramah lingkungan dan hemat energi, karena komputer hijau ini dapat menghemat penggunaan listrik hingga 85kilowatt-jam per-PC per-tahun. Teknologi PSU yang digunakan adalah “80 Plus” salah satu produknya yang tersertifikasi adalah SeaSonic 512 energy plus 650.
  • Komputasi Kuantum adalah teknologi komputer yang menggunakan mekanika kuantum dalam pengolahan data dan perhitungan, sifat kuantum itu sendiri dapat digunakan untuk menggantikan atau mewakili stukitur data dan basis data.
  • Komputasi Optik adalah teknologi komputer yang menggunakan cahaya optik untuk melakukan operasi perhitungan, penyimpanan data dan transmisi data.
  • Komputasi DNA adalah teknologi komputer yang menggunakan DNA, biokimia dan biologi molekul, DNA disini berfungsi untuk mengtur suatu program komputer seperti layaknya micro processor.
  • Komputasi Pararel adalah teknologi komputer yang menggunakan teknik sistem operasi secara bersamaan “Pararel” dengan memanfaatkan komputer independen secara bersama sama.
  • Komputasi Vektor adalah teknologi processor vektor atau teknologi processor array sebagai central procesing unit “CPU” mengimplementasikan instruksi yang beroperasi pada satu dimensi vektor data.
V. Teknologi Port I/O
  • COM adalah teknologi port I/O komunikasi port yang digunakan untuk menghubungkan dan menstransfer data secara serial.
  • Pararel adalah teknologi port I/O yang menggunakan teknik komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan suatu komputer yang independen.
  • USB adalah “Universal Serial Bus” teknologi port I/O standard dari suatu perangkat pengiriman data via kabel.
  • SCSI adalah “Small Computer System Interface” suatu teknologi I/O port interface BUS berteknologi tinggi hasil dari definisi ANSI X3T9.2, teknologi ini berfungsi untuk sebagai media penyimpanan dari I/O, sebagai contoh suatu perangkat yang menggunakan teknologi SCSI adalah hardisk dan CD ROM.
  • Infrared adalah sinar elektromagnetik yang panjang gelombangnya 700nm sampai 1mm, sinar gelombang Infrared yaitu suatu gelombang cahaya yang tidak nampak denga kasat mata.
  • Serial adalah suatu teknologi port I/O pengiriman data satu per satu yang menggunakan kabel data 1 jalur, memiliki 2 istilah dalam pengiriman, penerimaan data yaitu “Transmit” dan “Receive”.
  • HDMI adalah teknologi port I/O interface yang mengikat inputan audio dan video dalam 1 waktu, teknologi ini hanya terdapat 1 penghubung yang memiliki banyak koneksi didalamnya.
  • 1394 adalah IEEE 1394 standard koneksi internasional, interface digital yang bisa terkoneksi dengan perangkat digital yang mememiliki rata rata kecepatan pengiriman data hingga mencapai 100Mbps-1Gbps dan teknologi ini mendukung fungsi hot plugging.
VI. Teknologi Slot Expansion
  • VGA Card adalah “Video Graphics Adapter” salah satu teknologi slot expansion yang menghubungkan antara CPU dengan monitor, berfungsi untuk mengolah suatu data graphic picture yang akan meng-outputkannya pada layar monitor.
  • Sound Card adalah suatu hardware komputer yang terhubung antara komputer dengan perangkat audio untuk mengeluarkan dan merekam suara, berfungsi untuk meng-inputkan dan meng-outputkan suara ke perangkat audio.
  • LAN Card adalah suatu perangkat penghubung antara kinerja suatu komputer dengan komputer yang lainnya menggunakan sinyal yang saling berhubungan dengan perangkat komputer yang lain membentuk suatu jaringan komputer.
  • Multimedia Card adalah suatu perangkat komputer yang berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja dari suatu perangkat multimedia.
  • TV Card adalah suatu teknologi perangkat yang dapat menangkap sinyal TV yang bisa ditampilkan ke layar monitor, seperti layaknya televisi dan bisa merekam tayangan televisi disimpan ke dalam hardisk memory komputer.
  • FM Card adalah suatu teknologi perangkat yang dapat menangkap sinyal gelombang radio melalui frekuensi gelombangnya dan dapat mendengarkan siaran radio secara “Live”
  • Game Card adalah suatu perangkat yang berisi beberapa games yang siap untuk di mainkan diperngkat komputer atau perankat yang lainnya sesuai type game card nya.
  • Modem adalah suatu perangkat komunikasi dua arah yang mengubah suatu sinyal informasi menjadi sinyal pembawa “Carrier” untuk dikirimkan dan memisahkan sinyal pembawa informasi agar informasi tersebut bisa disampaikan lebih baik.
-->
Sumber informasi●●●

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment